ILMU BUDAYA DASAR
1. TINJAU TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah salah
satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai. Tentang kebudayaan,
tentang berbagai macam masalah yang di hadapai manusia dalam hidupnya sehari
hari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan pada system pendidikan kita.
Baik pada tingkat menengah , maupun pada tingkat perguruan tinggi. Tanpa
memungkiri banyak fakotr factor lain yang menyebabkannya, salah satu yang
penting adalah system pendidikan kita. Tidak lah dapat disangkal, bahwa ruang
lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia-manusia
spesialis yang tidak berpandangan luas .
- PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Secara sederhana
ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar dan pengertuab umum tentang konsep konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.
Untuk mengetahui
bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya,lebih dahulu perlu
diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya bachtiar mengemukkakan
bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar,Yaitu:
1.
Ilmu-ilmu alamiah (Natural science)
Ilmu Ilmu alamiah bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia .
2.
Ilmu-Ilmu Sosial (social Science)
Ilmu-Ilmu
social bertujuan untuk mengkaji keteraturan -keteraturan yang terdapat dalam
hubungan antar mansia.untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai
pinjaman dari ilmu ilmu alamiah
3.
Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan
budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan kenyataan yang
bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan
persitiwa peristiwa dan pernyataan pernyataan yang bersifat unik,kemudia diberi
arti.
4.
Mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan
dalam mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu
budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa
inggris disebut dengan basic humanitics.
Pengetahuan budaya dalam bahsa inggris disebut dengan istilah the humanties.pengetahuan
budaya mengkaji masalah nilai nilai manusia sebagai mahluk berbudaya ( homo
humanus), sedangkan ilmu budaya dsar bukan ilmu tentang budaya , melainkan
mengenai pegetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan budaya.
- TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Penyajian
mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang
dikembangakan untuk megkaji masalah masalah manusia danm kebudayaan. Dengan
demikian jelaslah bahwa mata kuliah ilmu budaya dasar tidak di maksudkan untuk
mendidik ahli ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam
pengetahuan budaya (the humanities),akan tetapi ilmu budaya dasar semata-mata
sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara
memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya , baik yang
menyangkut orang lain dan aam sekitarnya,maupun yang menyangkut dirinya
sendiri.
Untuk
bias menjangkau tujuan tersebut ilmu budaya dasar diharapkan dapat:
1.
Mengusahakan penajaman kepekaan mahsiswa
terhadap lingkuangan budaya,sehingga mereka lebih mudah menyesuakan diri dengan
lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2.
Memberi kesempatan pada mahasiwa untuk
memperluas pandangan mereka tentang masaalh kemanusiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka terhadap persaoalan – persoalan yang menyangkut
kedua hal tesebut.
3.
Mengusahakan agar mahsiswa, sebgai calon
pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang pengkotakan disiplin yang
ketat.
4.
Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi
agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
2. MANSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia
dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain. Dalam
pembahsan awal mengenai mata kuliah IBD kita sudah bicarakan bahwa kedua hal
tersebut merupakan dasar bagi pembahsan mater materi selanjutnya.
- MANUSIA
Manusia
dui alam dunia ini memegang peranan yang
unuk, dan dapat diandang dari banyak segi . dalam ilmu sekta. Manusia dipandang
sebagai kumpullandari partikel partikel atom yang membebntuk jaringan jaringan
system yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia). Manusia merupakan kumpulan dari
berbagai system fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan
dari energe (ilmu fisika), manusia merupakanmahluk biologis yang tergolong
dalam golongan makhluk mamalia (biologi). Dalam ilmu ilmun social , amnesia merupakan
mahluk yang inging memporelh keuntungan
atau selalu meperhitungkan setiap kegatan , sering di sebut homo economcus(ilmu
ekonomi), manusia merupakan mahluk social yang tidak dapat berdiri sendiri (
sosiologi), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik), mahluk yang
berbudaya , sering disebut homo – humanus (filsafat), dll.
Terdapat 2 pandangan yang
akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur unsur yang membangun
manusia
1.
Manusia itu terdiri dari emat unsur yang saling
terkait yaitu
a.
Jasad
b.
Hayat
c.
Ruh
d.
Nafs
2.
Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga
unsur yaitu :
a.
Id, yang merupakan struktur kepribadian yang
paling primitive dan paling tidak Nampak. Id merupakan libidio murni, atau
energy psikis yang menunjukan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan
sex. Yang secara instingtual menentukan proses proses ketidaksadaran (unconcius).Id tidak
berhubngan dengan lingkungan luar diri ,tetapi terkait dengan struktur lain
kepribadian yang ada gilirannya menjadi mediator antara insting ID dengan dunia
luar.
b.
Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian
yang pertama kali dibedakan dari Idm seringkali disebut sebagai kepribadian
:eksekutif: karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosia
yang dapat dimengerti oleh banyak orang lain.
c.
Superego, merupakan struktur kepribadian yang
paling akhir, muncul kira kira pada usia 5 tahun. Dibandingkan dengan Id dan
ego, yang berkembang secara internal dalam diri
individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal.
Dari uraian di
atas dapat mengkaji aspek tindakan manusa dengan analisia hubungan antara
tindakan dan unsur ubsur manusia . seringkali orang yang senang terhadap
penyimpanan terhadap nilai niali masyarak dapat diidentifikasi bahwa orang
tersebut lebih dikenadalikan oleh Id disbanding super egonya, atau seringkali
ada kelainan yang terjadi pada manusia, misalnya orang yang berparas buruk dan
bertubuh pendek berani tampil ke muka umum, dapat diterangkan dengan mengacu
pada unsur nafs(kesadaran diri) yang
dimiliki oleh manusia.
- PENGERTIAN
Seorang
antropolog yaitu E.B.Tylor (1871) mendefinisikan kebudayaan adalah kompleks
yang mencakup pengetahuan, kepercayaan , kesenian,moral,hokum,adat istiadat dan
kemampuan kemampuan lain serta kebiasaan kebiasaan yang didapatkan oleh manusia
sebagai anggota masyarakat .dengan perkataan lain kebudataan mencakup
kesemuanya yang di dapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota
masyaraka.
3. KONSEPSI IILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSTRAAN
- ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
Istilah prosa banyak padanannya . kadang kadang disebut
narrative fiction, proses fiction atau hanya fiction saja. Dalam bahasa
Indonesia istilah tadi sering diterjemahkan menjad cerita rekaan dan
didefinisikan sbegai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai
pameran,lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau
imajinasi. Istilah cerita rekan umumnya dipakai untuk roman, atau novel,atau
cerita pendek.
Dalam kesustraan Indonesia kita mengenal jenis prosa lama dan prosa baru
A.
Prosa lama meliputi
1.
Dongeng dongen
2.
Hikayat
3.
Sejarah
4.
Epos
5.
Cerita pelipur lara
B.
Prosa baru meliputi
1.
Cerita pendek
2.
Roma/npve;
3.
Biografi
4.
Kisahh
5.
Otobiografi
- NILAI NILAI DALAM PROSA FIKSI
Sebagai
seni yang bertulang punggung cerita , mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi)
langsung atau tidak langsung membawakan moral ,pesan atau cerita.adapun nilai
nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra anatar.
1.
Prosa
fiksi memberikan kesenagan
Keistimewaan
kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah membaca mendapatkan
pengalaman bagaiman mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian
yang dikisahkan.
2.
Prosa fiksi memberikan informasi
Fiksi
memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi. Dalam
novel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebih dari ada sejarah atau
laporan jurnalistik tentang kehidupan masa kini, kehidupan masa lalu, bahkan
juga kehidupan yang akan dating atau kehidupan yang asing sama sekali.
3.
Prosa fiksi meberikan warisan kultural
Prosa
fiksi dapat menstimuli imgainasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak
henti hentinya dari warisan budaya bangsa.
4.
Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat
prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman pengalaman
dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk
emilih respon respon emsional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda
dari pada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
4. MANUSIA DAN KEINDAHAN
- KEINDAHAN
Kata
keindahan berasal dari kata indah , artinya bagus , permai, caintk, elok,dan
sebagainya . benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni,
pemandangan alam, mansia,rumah,tatanan,perabot rumah tangga,suara , warna, dan
sebagainya. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luuas,seluas keanekaragaman
mansia dan sesuai pula dengean perkembangan perdaban teknologi,social,dan
budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian
hidup manusia.
Keindahan
adalah identic dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah
keindahan. Keduanya memounyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya
Tarik yang selalubertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berartu tidak
indah. Karena itu tiruan lukisan monalisa tidak indah, karena dsarnya tidak
benar, sudah tentu kebenaran disini bukan kebenaran ilmu, melainkan
kebenaranmenurut konsep seni.dalam seni.seni berusaha memberikan makna sepenuh
penuhnya mengenai objek yang diungkapkan.
5. .MANUSIA DAN PENDERITAAN
- PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan
bersal dari kata derita , kata derita bersal dari bahasa sansekerta dhra
artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan
sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin,atau
lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas
dunia dan manusia . intensitas penderitaan bertingkat tingkat , ada yang berat
ada juga yang ringan. Namun eranan individu juga menentukan berat tidaknya
insensitas penderitaan .suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh
seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu
pedneritaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah
awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
- SIKSAAN
Siksaan
dapat diartikan sebagi siksaan badan atau jasmani. Dan dapat juga berupa
siksaan jiwa rohani. Akbiat yang dialami seseorang,timbulah penderitaan.
6. MANUSIA DAN KEADILAN
- PENGERTIAN KEADILAN
Keadilan
menurut aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan
diartikan sebagi titik tengah diantar ke dua ujung ekstrem yang terlalu banyak
dan terlalu sedikit, kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda.
Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan
, maka masing masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama .
kalau tidak sama . maka masing masing
orang akan menerima bbagian yang tidak sama, sedangkan pelanggaran terhadap
proporsi tersebut berarti ketidak adilan.
Keadilan oleh plato diproyeksikan pada
diri manusia sehingga yang adikatakan adil adalah orang yang mengendalikan
diri, dan perasaannya dikendalikan oleh
akal.
- BERBAGAI MACAM KEADILAN
A. Keadilan
legal atau keadilan moral
Plato
berpendapat bahawa keadilan dan hokum meruoakan substansi rohani umum dari
masyarakat yang membuat dan menjaga
kesatuannya. Dalam suatu masyarakt yang adil setiap rang menjalankan pekerjaan
yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya . pendapata plato itu disebut
keadilan moral ,sedangkan ,sunoto menyebutkan keadilan legal.
B.
Keadilan distributif
Aristoteles
berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal hal yang sama
diperlakukan secara sama dan hal hal yang tidak sama secara tidak sama (justice
is done when equals are treated equallu) .
C.
Keadilan komutatif
Keadilan
ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi
aristoteles pengertian keadilan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban
dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujun g ekstrim menjadi ketidak
adilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.
7. MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
- PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung
jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung
segala sesuatunya. Sehingga bertanggunmg jawab ,emurut kamus umum bhasa
Indonesia adalah kewajiban menggung, memikul jawab, menggung segala sesuuatunya
atau memberikan jawab dan menggug akibatnya.
Tanggung
jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang
disengaja maupun yang tidak disengaja .tanggung jawab juga berarti berbuat
sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
- MACAM MACAM TANGGUNG JAWAB
Manusia
itu berjuanng meme nuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain.
Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi
lingkungan alam. Dalam usahanya itu
manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu
kekuasaan tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut
keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Atas dasar ini, lalu dikenal
beberapa jenis tanggung jawab , yaitu :
a.
Tanggung jawab tehadap diri sendiri
b.
Tanggung jawab terhadap keluarga
c.
Tanggung jawab terrhadap masyarakat
d.
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara
e.
Tanggung jawab terhadap tuhan
8. MANUSIA DAN KEGELISAHAN
- PENGERTIAN KEGELISAHAN
Kegelisahan
berasal dari kata gelisah , yang berarti tidak tenteram hatinyam sealu merasa
khawatir , tidak tenang , tidak sabar , cemas.
Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak
tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah
lakunya , tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Kegelisahan
hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam
situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak gerik itu umumnya lain dari
biasanya, misalnya beralan mundar mandir dalam ruang tertentu sambil menudukkan
kepala memandang jauh kedepan sambil mengepal ngepalkan tangganya duduk
termenung sambil memegang kepalanya duduk dengan wajah murung atau sayi, malas
bicara dan lain lain.
- SEBAB SEBAB KEGELISAHAN
Apabila
kita kaji, sebab sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut
kehilangan hak haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman
dari luar mauoun dari dalam.
- USAHA USAHA MENGATASI KEGELISAHAN
Mengatasi
kegelisahan ini pertama tama harus mulai dari diri kita sendiri, yaitu kita
hharus bersika[ tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang,
sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.
Sumber : BUKU ILMU BUDAYA DASAR GUNADARMA
Widyo nugroho,Achmad Muchji
0 komentar:
Posting Komentar